KONSEP
Program ini adalah suatu program permainan yang merupakan
contoh kecil dari slot games yang biasa ada di permainan judi. Permainan ini merupakan permainan yang dibuat untuk
bersenang-senang dengan memutar angka atau mengacak angka sampai dia mempunyai
dua angka kembar maka dia akan menang dengan uang sebagai pertaruhan nyawanya.
Ketika membuka aplikasi ini, diminta untuk menuliskan nama depan dan belakang,
lalu dapat lanjut pada permainan yang harus melalui loading. Pembuatan aplikasi game slot ini menggunakan
fungsi random, acak angka.
TUTORIAL
PEMAKAIAN PROGRAM
1.
klik program .exe lalu program
permainan akan terbuka
2.
bila ingin memainkan permainan,
klik button play, bila anda membutuhkan bantuan, klik button help dan bila
ingin keluar dari program, klik button exit
3.
jika diklik button play akan
menampilkan tampilan
4.
isikan nama pada kolom yang
tersedia, lalu klik ok untuk memulai permainan
5.
memainkan games ini dengan
memilih besar taruhan yang anda pasang lalu langsung meng klik button start dan
stop, jika anda mendapatkan angka kembar anda mendapatkan tambahan uang sebesar
taruhan yang anda pasang, jika tidak ada angka kembar maka uang anda akan
berkurang sebesar taruhan yang anda pasang
6.
anda bisa mengulangi permainan
ini sampai uang anda habis, atau jika ingin mengakhiri permainan klik button
exit.
TUTORIAL PEMBUATAN
1. buka visual basic 2010, lalu pada form baru (form 1) buat desain
seperti dibawah ini dengan memasukkan button.
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
End Sub
3.
lalu pada
button 2 klik dua kali lalu masukkan listing dibawah ini, agar ketika button di
klik akan membuka form bantuan
Private Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Form3.Show()
End Sub
4.
pada button 3
klik dua kali lalu masukkan listing dibawah untuk keluar dari program
Private Sub Button3_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button3.Click
If
MsgBox("Do you want to exit?", MsgBoxStyle.YesNo, "Game")
= MsgBoxResult.Yes Then
MsgBox("Thanks
You!!!!")
Me.Close()
End If
End Sub
End Class
5.
buka form
baru lalu buat tampilan seperti ini
6.
pada button 1
masukkan listing dibawah
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
If
TextBox2.Text = Nothing And TextBox1.Text = Nothing Then
MsgBox("Pless
Entry Ferst Name and Last Name", MsgBoxStyle.Critical)
ElseIf
TextBox2.Text = Nothing Then
MsgBox("Pless
Entry Ferst Name", MsgBoxStyle.Critical)
ElseIf
TextBox1.Text = Nothing Then
MsgBox("Pless
Entry Last Name", MsgBoxStyle.Critical)
ElseIf
TextBox2.Text = TextBox2.Text And TextBox1.Text
= TextBox1.Text Then
Form2.Label8.Text = "Player " & "'"
& Me.TextBox2.Text & " " & Me.TextBox1.Text
& "'"
Form5.Show()
Me.Close()
End If
End Sub
7.
buka form
baru lalu buat tampilan sebagai berikut
8.
klik form dua
kali lalu masukkan listing berikut untuk menjalankan loading page
Private Sub Form5_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Timer1.Start()
End Sub
9.
klik timer
tick 1 lalu masukkan listing berikut
Private Sub Timer1_Tick(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
If
ProgressBar1.Value < 100 Then
ProgressBar1.Value += 4
ElseIf
ProgressBar1.Value = 100 Then
Timer1.Stop()
Form2.Show()
Me.Close()
End If
End Sub
10.
klik button1
dua kali dan masukkan listing dibawah untuk melanjutkan ke form selanjutnya
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Timer1.Stop()
Me.Close()
Form1.Show()
End Sub
11.
buka form
baru lalu buat tampilan seperti ini
12.
klik dua kali
pada kotak form lalu masukkan listing berikut
Public Class Form2
Dim fn, ln As
Char
Dim nyawa As
Integer
13.
pada button 1
yaitu button spin, masukkan listing dibawah agar bisa me-shuffle angka yang ada
di label1, label2, dan label3
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
nyawa = Val(TextBox1.Text)
If
RadioButton1.Checked = RadioButton2.Checked = RadioButton3.Checked = False Then
Timer1.Enabled = False
MsgBox("check
your bet", MsgBoxStyle.Critical,
"Game")
ElseIf
(RadioButton3.Checked) And (nyawa <
Val(RadioButton3.Text)) Then
Timer1.Enabled = False
MsgBox("Your
money less" & vbCrLf & "move
to the another bet", MsgBoxStyle.Critical,
"Game")
ElseIf
(RadioButton1.Checked) And (nyawa <
Val(RadioButton1.Text)) Then
Timer1.Enabled = False
MsgBox("Your
money less" & vbCrLf & "move
to the another bet", MsgBoxStyle.Critical,
"Game")
ElseIf
(RadioButton2.Checked) And (nyawa <
Val(RadioButton2.Text)) Then
Timer1.Enabled = False
MsgBox("Your
money less" & vbCrLf & "move
to the another bet", MsgBoxStyle.Critical,
"Game")
ElseIf
RadioButton1.Checked = RadioButton2.Checked = RadioButton3.Checked = True Then
truetimer()
My.Computer.Audio.Play(My.Resources._117985_SOUNDDOGS__sl, AudioPlayMode.BackgroundLoop)
End If
End Sub
14.
pada button 2
yaitu button stop masukkan listing dibawah agar shuffle yang terjadi bisa
dihentikan
Private Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
'time tidak
diaktifkan'
Timer1.Enabled = False
My.Computer.Audio.Stop()
nyawa = Val(TextBox1.Text)
If
(Label1.Text = Label2.Text) And (Label2.Text =
Label3.Text) Then
My.Computer.Audio.Play(My.Resources._617897_SOUNDDOGS__ch, AudioPlayMode.Background)
nyawa = Val(TextBox1.Text) + 10000
TextBox1.Text = nyawa
Label7.Text = "Congratulation You win and your money increases Rp.
10000"
MsgBox("Congratulation!!!!",
MsgBoxStyle.Information, "game")
ElseIf (Label1.Text
= Label2.Text = True) Or
(Label1.Text = Label3.Text = True) Or (Label2.Text = Label3.Text = True) Then
Label5.Text = ""
My.Computer.Audio.Play(My.Resources._617897_SOUNDDOGS__ch, AudioPlayMode.Background)
If
RadioButton1.Checked Then
nyawa = Val(TextBox1.Text) +
Val(RadioButton1.Text)
TextBox1.Text = nyawa
Label7.Text = "You win and your money increases Rp. 500"
ElseIf
RadioButton2.Checked Then
nyawa =
Val(TextBox1.Text) + Val(RadioButton2.Text)
TextBox1.Text = nyawa
Label7.Text = "You win and your money increases Rp. 1000"
ElseIf
RadioButton3.Checked Then
nyawa = Val(TextBox1.Text) +
Val(RadioButton3.Text)
TextBox1.Text = nyawa
Label7.Text = "You win and your money increases Rp. 1500"
End
If
MsgBox("You
Win", MsgBoxStyle.Information, "game")
ElseIf
(Label1.Text = Label2.Text = False) Or (Label1.Text = Label3.Text = False) Or
(Label2.Text = Label3.Text = False) Then
My.Computer.Audio.Play(My.Resources._493882_SOUNDDOGS__ca, AudioPlayMode.Background)
If
RadioButton1.Checked Then
nyawa = Val(TextBox1.Text) -
Val(RadioButton1.Text)
TextBox1.Text = nyawa
Label5.Text = ""
Label7.Text = "unlucky your money reduced Rp. 500"
ElseIf
RadioButton2.Checked Then
nyawa = Val(TextBox1.Text) -
Val(RadioButton2.Text)
TextBox1.Text = nyawa
Label5.Text = ""
Label7.Text = "unlucky your money reduced Rp. 1000"
ElseIf
RadioButton3.Checked Then
nyawa =
Val(TextBox1.Text) - Val(RadioButton3.Text)
TextBox1.Text = nyawa
Label5.Text = ""
Label7.Text = "unlucky your money reduced Rp. 1500"
End
If
End If
If
nyawa = 0 Then
My.Computer.Audio.Play(My.Resources._614009_SOUNDDOGS__at, AudioPlayMode.Background)
MsgBox("Game
Over", MsgBoxStyle.Critical, "Attention")
'MENGEMBALIKAN
NYAWA SEPERTI SEMULA'
TextBox1.Text = "0"
If
MsgBox("Do you want to try again?",
MsgBoxStyle.YesNo, "Game")
= MsgBoxResult.No Then
MsgBox("Thanks
You!!!!")
Form1.Show()
Me.Close()
ElseIf
MsgBoxResult.Yes Then
TextBox1.Text = "5000"
Label5.Text = "Good Luck"
Label7.Text = ""
End
If
End If
End Sub
15.
pada button 3
masukkan listing dibawah agar bisa me refresh permainan
Private Sub Button3_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button3.Click
My.Computer.Audio.Stop()
Timer1.Enabled = False
Label1.Text = "1"
Label2.Text = "2"
Label3.Text = "3"
Label5.Text = "Good
Luck"
Label7.Text = ""
TextBox1.Text = "5000"
End Sub
16.
pada timer
tick 1 masukkan listing berikut
Private Sub
Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
'label akan
menampilkan bilangan acak 0-9'
Label1.Text = Int(Rnd() * 5)
Label2.Text = Int(Rnd() * 9)
Label3.Text = Int(Rnd() * 10)
End Sub
17.
untuk
mengembalikan ke form awal, klik dua kali pada button 5 lalu masukkan listing
berikut
Private Sub Button5_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button5.Click
Form1.Show()
Me.Close()
End Sub
18.
klik button 4
dua kali lalu masukkan listing dibawah untuk keluar dari program
Private Sub Button4_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button4.Click
If
MsgBox("Do you want to exit?", MsgBoxStyle.YesNo, "Game")
= MsgBoxResult.Yes Then
MsgBox("Thanks
You!!!!", MsgBoxStyle.Information,
"treemusketir")
Form1.Close()
Me.Close()
End If
End Sub
FLOWCHART SLOTGAME
gambar flowchart slotgame
Keterangan:
1.
Game dimulai dengan start
2.
Ada tiga proses yaitu help, play, dan exit
3.
Pada proses play, masukan nama depan dan nama belakang. Jika nama yang
dimasukan tidak lengkap maka harus mengulang untuk memasukan nama secara
lengkap yang telah disediakan pada textbox
4.
Jika nama sudah lengkap maka lanjut untuk memilih bet
5.
Kemudian tekan spin untuk memulai permainan
6.
Maka secara otomatis tiga digit angka diacak secara random
7.
Kemudian tekan stop
8.
Jika dua angka kembar muncul maka mendapatkan uang tambahan dari bet yang
dipilih tadi, jika tiga angka kembar maka ada ucapan congratulation dan
mendapatkan uang tambahan sebesar 10.000 yang hasilnya dapat dilihat pada
credit
9.
Terdapat pilihan money sampai bernilai 0, jika memilih ya maka game selesai
jika memilih tidak maka dapat melanjutkan permainan dari awal
aplikasi ini bisa didownliad disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar